Rabu, 27 Februari 2013

Bagaimana cara mencegah avitaminosis

Bagaiman cara
makanan bervitamin

Avitaminosis merupakan salah satu penyakit dimana kondisi kita mengalami kekurangan vitamin. Vitamin sangat di perlukan untuk mengatur dan mempelancar proses metabolisme. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mencegah avitaminosis pada tubuh kita.

Vitamin dibedakan menjadi 2, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Yang tergolong vitamin larut dalam air hanyalah vitamin B dan C sedangkan A D E dan K larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan dalam lemak dan di dalam hati. Berkebalikan dengan vitamin yang larut dalam lemak, vitamin yang larut di dalam air disimpan dalam jumlah sedikit dan biasanya akan larut bersama aliran makanan.

Avitaminosis terbagi sesuai dengan manfaat masing-masing vitamin itu sendiri. Maka dari itu alangkah baiknya kita mengenal macam-macam vitamin dan fungsinya. Macam-macam vitamin tersebut adalah sebagai berikut :

1. Vitamin A
Vitamin A merupakn vitamin yang berperan dalam memaksimalkan fungsi indra penglihatan (mata). Ini merupakan salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina.Vitamin A banyak ditemukan pada sayur-sayuran berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna merah dan kuning ( wortel, pepaya, dan pisang).

2. Vitamin B
Vitamin B sangat berperan penting dalam mencegah beri-beri. Vitamin B sendiri terbagi menjadi B1, B2, B3, B5, B6, B12. Makanan yang banyak terkandung vitamin B antara lain susu, gandum, ikan, dan sayur-sayuran hijau.

3. Vitamin C
Vitamin C berperan sebagai senyawa pembentuk jaringan kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi dan tulang. Vitamin ini juga berfungsi untuk menurunkan laju mutasi di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit. Banyak makanan-makan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, terutama buah-buahan dan sayuran memiliki rasa asam. Seperti mangga, jeruk dan strawbery.

4. Vitamin D
Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang karena membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Bila kandungan vitamin D di dalam tubuh rendah, maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal seperti membentuk huruf O atau X, selain itu gigi akan mengalami kerusakan dan otot-ototpun bisa mengejang. Kekurangan vitamin D juga akan mengakibatkan hilangnya unsur kalsium dan fosfor secara berlebih di dalam tubuh yang dikenal dengan sebutan osteomalasia atau yang lebih di kenal dengan osteoporosis.

5. Vitamin E
Vitamin E berfungsi untuk mejaga sel-sel jaringan, mulai dari jaringan kulit sampai hati. Meskipun vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, tetapi kekurangan vitamin ini akan berakibat fatal bagi tubuh manusia, antara lain kemandulan bagi pria dan wanita. Makanan yang banyak mengandung vitamin E dapat ditemukan pada kacang-kacangan, daging, ikan dan susu.

6. Vitamin K
Berperan dalam pembentukan sel darah dan penyembuhan luka. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan darah sukar membeku. Makanan yang banyak mengandung vitamin K adalah susu, kuning telur dan sayuran segar.

Demikian tadi sedikit membahas tentang avitaminosis, yaitu suatu penyakit dimana tubuh kekurangan vitamin dengan masing-masing pembagiannya. Untuk mencegah avitaminosis hal utama yang harus dilakukan adalah kita harus mengkonsumsi makanan-makan yang mengandung vitamin sesuai kebutuhan dan juga jangan berlebih. Semoga sedikit ulasan tentang bagaimana cara mencegah avitaminosis ini akan bermanfaat.
thumbnail
Judul: Bagaimana cara mencegah avitaminosis
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, Sehat Umum, Tips Sehat :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz